Kali ini saya akan membahas tentang
marketing mix 7P pada Hotel GH Universal Bandung, yuk silahkan di lihat :D
Sekilas Tentang G.H Universal Hotel
Hotel bintang 5 di Bandung ini di
desain dengan gaya Eropa klasik yang mewah. Dengan kamar yang luas dan
fasilitas kamar hotel yang lengkap sangat ideal bagi wisatawan internasional
yang ingin berlibur atau melakukan perjalanan bisnis di Bandung.
Hotel bergaya klasik Renaissance ini
dirancang oleh putri bungsu sang pemilik, perlu waktu 4,5 tahun untuk
menyelesaikan pembangunan hotel ini. Lima dome besar yang ada di rooftop,
dihiasi dengan lukisan dan patung-patung cantik bergaya Italia, membuat hotel
ini berbeda dengan hotel-hotel lain di
Bandung. Repetisi pada desain pintu dan jendela-jendela membuat arsitektur
hotel ini menarik untuk dinikmati. Warna catnya yang abu-abu mengesankan
seperti belum dicat, namun akan segera membuat tamu kagum begitu melihatnya
dari dekat.
Meski resmi dibuka awal tahun 2009, hotel
dengan 105 kamar ini sudah penuh oleh tamu: weekdays untuk pertemuan-pertemuan
bisnis, weekend untuk tempat menginap keluarga-keluarga yang tengah berlibur di
Bandung. Satu hal lain yang menjadi keunggulan hotel berlantai 5 ini adalah
sebuah chapel di rooftop,
yang berkapasitas 75 tamu, dan menawarkan pemandangan 360 derajat kota Bandung. Tak heran jika chapel ini segera menjadi tempat favorit untuk wedding party ataupun pemberkatan. Ditambah dengan ballroom yang bisa menampung 1000 tamu – bisa di rubah menjadi 6 ruang meeting – serta 4 ruang meeting lain di rooftop, G.H Universal Hotel memberi nuansa baru pada aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) di Bandung.
1. PRICE
Setiap hotel yang menjual barang dan jasa tentunya menetapkan harga-harga tertentu untuk product yang telah mereka hasilkan. Biasanya, harga-harga ini bervariasi. Harga kamar yang dijual bisa berbeda-beda tiap waktunya tergantung tipe, waktu, dan fasilitas yang diberikan. Adapun juga tersedia harga makanan dan minuman yang disediakan di restoran, dan juga harga-harga fasilitas hotel lainnya yang sudah tentu ditetapkan berdasarkan standard yang ada.
G.H Universal hotel memang termasuk hotel bintang 5 mewah di Bandung, jika dilihat harga sewanya memang cukup lumayan mahal, tapi jika dilihat dari fasilitasnya, menurut saya relatif standar untuk hotel mewah bintang 5 ini. Untuk tarif sewa itu sendiri ditentukan oleh ukuran ruangan dan fasilitasnya.
2. PRODUCT
Hotel adalah tempat menginap untuk para tamu. Maka dari itu, produk utama yang dijual oleh hotel adalah kamar.Terletak di bagian utara kota Bandung, G.H. Universal adalah hotel untuk wisatawan yang menghargai tempat dengan kemewahan dan kenyamanan. Arsitektur Renaissance Italia yang unik membuat hotel ini berdiri di antara hotel lainnya di Bandung.G.H Universal Hotel menawarkan layanan yang menyenangkan dan efisien untuk para tamu. Berbagai fasilitas yang ditawarkan untuk rekreasi & traveler bisnis juga. Satu hal lain yang menjadi keunggulan hotel berlantai 5 ini adalah sebuah chapel di rooftop, yang berkapasitas 75 tamu, dan menawarkan pemandangan 360 derajat kota Bandung. Tak heran jika chapel ini menjadi tempat favorit untuk wedding party.
3. PLACE
Lokasi atau tempat dimana hotel dibangun mempengaruhi jenis, fasilitas dan kegiatan yang terjadi di dalam hotel tersebut. G.H Universal Hotel terletak di jantung kota Bandung, dimana hotel ini dapat di tempuh hanya beberapa menit perjalanan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Lokasinya juga berdekatan dengan beberapa objek wisata di Bandung. Lokasi yang strategis ini bisa juga dipastikan salah satu faktor hotel ini banyak di datangi tamu-tamu.
4. PROMOTION
Untuk menarik minat tamu agar mau menginap di hotel, G.H Universal menyiapkan suatu promosi yang komposisi iklan dan sales promotion yang baik. Contohnya, Hotel ini menyiapkan beberapa package yang menarik dan menguntungkan bagi tamu maupun bagi pihak pengelola sebagai perusahaan, seperti package pra wedding, wedding, candle light dinner. Kemudian G.H Universal juga bekerja sama dengan online travel seperti agoda,booking.com, asiarooms.com, tiket.com, goindonesia.com. Buat yang hobby traveling pasti tidak asing lagi mendengarnya. Promosi yang baik tentu akan menarik minat pengunjung yang akan menginap di hotel ini.
5. PEOPLE
Dari segi people ini bisa dilihat dan dinilai dari karyawan G.H Universal Hotel sendiri, ini juga sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis hotel. Kebetulan saya pernah menginap di hotel ini, penilaian saya terhadap para karyawan di hotel ini sangat bagus dan tidak bermasalah, mereka berusaha menciptakan layanan sempurna bagi para pengunjung. Tampilannya pun sangat rapih, ramah, dan benar-benar meyakinkan bahwa hotel ini memiliki nilai kepuasan tinggi terhadap para pengunjung.
6. PROCESS
7. PHYSICAL EVIDENCE
Fasilitas-fasilitas yang ada di hotel seperti kamar tamu, restaurant, gym center dan lain sebagainya adalah fisik yang dijual kepada tamu. Untuk mendapatkan pencitraan yang bagus, sebuah hotel harus bisa menyediakan bukti fisik yang bisa menarik perhatian dan minat tamu. G.H Universal Hotel dari segi Physical Evidence tidak perlu di ragukan lagi. Hotel ini termasuk hotel bintang 5 di kota Bandung, sudah pasti hotel ini hotel mewah dan megah. Ini tentu benar, secara standar fisik hotel tidak ada sama sekali terlihat kotor dan berantakan, semua tertata rapi mulai dari desain bangunan, kamar, kamar mandi, halaman, dan fasilitas-fasilitas lain. Hotel yang di desain dengan gaya Eropa klasik yang mewah ini dihiasi dengan lukisan dan patung-patung cantik bergaya Italia, membuat hotel ini berbeda dengan hotel-hotel lain di Bandung. Repetisi pada desain pintu dan jendela-jendela membuat arsitektur hotel ini menarik untuk dinikmati. Warna catnya yang abu-abu mengesankan seperti belum dicat, namun akan segera membuat tamu kagum begitu melihatnya dari dekat.
yang berkapasitas 75 tamu, dan menawarkan pemandangan 360 derajat kota Bandung. Tak heran jika chapel ini segera menjadi tempat favorit untuk wedding party ataupun pemberkatan. Ditambah dengan ballroom yang bisa menampung 1000 tamu – bisa di rubah menjadi 6 ruang meeting – serta 4 ruang meeting lain di rooftop, G.H Universal Hotel memberi nuansa baru pada aktivitas MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) di Bandung.
1. PRICE
Setiap hotel yang menjual barang dan jasa tentunya menetapkan harga-harga tertentu untuk product yang telah mereka hasilkan. Biasanya, harga-harga ini bervariasi. Harga kamar yang dijual bisa berbeda-beda tiap waktunya tergantung tipe, waktu, dan fasilitas yang diberikan. Adapun juga tersedia harga makanan dan minuman yang disediakan di restoran, dan juga harga-harga fasilitas hotel lainnya yang sudah tentu ditetapkan berdasarkan standard yang ada.
G.H Universal hotel memang termasuk hotel bintang 5 mewah di Bandung, jika dilihat harga sewanya memang cukup lumayan mahal, tapi jika dilihat dari fasilitasnya, menurut saya relatif standar untuk hotel mewah bintang 5 ini. Untuk tarif sewa itu sendiri ditentukan oleh ukuran ruangan dan fasilitasnya.
Superior Room
|
Rp. 1.500.000,-
|
Deluxe King
|
Rp. 2.500.000,-
|
Deluxe Double Queen
|
Rp. 2.800.000,-
|
Princess Suite
|
Rp. 3.700.000,-
|
Honeymoon Suite
|
Rp. 4.500.000,-
|
Queen Suite
|
Rp. 6.300.000,-
|
Governoor Suite
|
Rp. 8.500.000,-
|
King Suite
|
Rp. 10.000.000,-
|
Presidential Suite
|
Rp. 15.000.000,-
|
2. PRODUCT
Hotel adalah tempat menginap untuk para tamu. Maka dari itu, produk utama yang dijual oleh hotel adalah kamar.Terletak di bagian utara kota Bandung, G.H. Universal adalah hotel untuk wisatawan yang menghargai tempat dengan kemewahan dan kenyamanan. Arsitektur Renaissance Italia yang unik membuat hotel ini berdiri di antara hotel lainnya di Bandung.G.H Universal Hotel menawarkan layanan yang menyenangkan dan efisien untuk para tamu. Berbagai fasilitas yang ditawarkan untuk rekreasi & traveler bisnis juga. Satu hal lain yang menjadi keunggulan hotel berlantai 5 ini adalah sebuah chapel di rooftop, yang berkapasitas 75 tamu, dan menawarkan pemandangan 360 derajat kota Bandung. Tak heran jika chapel ini menjadi tempat favorit untuk wedding party.
Berikut adalah fasilitas dan layanan lain yang bisa dinikmati oleh para
wisatawan:
RESTAURANT
G.H. Universal Hotel menyediakan berbagai macam makanan yang luar biasa dan layanan minuman. Ada 2 Restoran yang disediakan oleh G.H Universal Hotel, yaitu:
G.H. Universal Hotel menyediakan berbagai macam makanan yang luar biasa dan layanan minuman. Ada 2 Restoran yang disediakan oleh G.H Universal Hotel, yaitu:
The Fat Dragon Restaurant adalah sebuah restoran yang menawarkan berbagai macam
masakan Cina. Restoran ini menyediakan 300 kursi.
The Belle
Vue: suasana yang sempurna sambil menikmati pemandangan
kota. Buka selama
24 jam dengan pemandangan mempesona dari atas atap
hotel GH Universal. kota Bandung. The Vue Belle menawarkan pilihan denda anggur, roh, bir,
teh, kopi, dan melayani masakan Perancis &
Italian. Resoran ini menyediakan 250 kursi.
MEETING ROOM
Sebuah kememewahan, perjamuan dan hiburan, GH
Universal mengubah suatu kesempatan menjadi pengalaman yang luar biasa.
MEETING FACILITIES:
Screen
White board with Marks
Sound system standard & Microphone
Refreshment & Mineral water
Standard Meeting Decoration
Memo pad & Pencil
Free Hot Spot
SWIMMING POOL
Dengan air
jernih yang membangkitkan sensasi menenangkan dan suasana nyaman di sekitar, saat pertapa sementara
di kolam renang dari
GH Universal Hotel
Bandung adalah momen
yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.
GYM
Pusat kebugaran menawarkan berbagai fasilitas kesehatan dan kebugaran. Buka setiap hari dari 6:00-23:00
SPA
Memanjakan diri dengan perawatan spa yang
menyegarkan dalam suasana, bersih
santai.
Buka setiap hari dari 08:00 pm -12,00
(urutan terakhir: 11.00 pm)
BABY & KIDS
FACILITIES
Sebuah arena
bermain "The Castello"
menawarkan keseimbangan game menyenangkan dan unik untuk anak-anak, itu terletak di lantai 5 (Roof
Top)
Buka setiap hari dari 08:00-20:00
Buka setiap hari dari 08:00-20:00
BUSINESS CENTER
Pusat Bisnis di
GH Universal Hotel
dirancang untuk menangani keadaan darurat tak terduga dan menyediakan layanan dukungan saat Anda berada di
jalan. Selain-printer biasa, faks masuk dan
keluar, scanning, sekretaris
layanan, foto copy, penggunaan komputer dan internet, tersedia untuk 24 Jam.
MUSHOLA
GH Universal
Mushola menyediakan tempat untuk
beribadahdan mukena untuk umat
Islam.
3. PLACE
Lokasi atau tempat dimana hotel dibangun mempengaruhi jenis, fasilitas dan kegiatan yang terjadi di dalam hotel tersebut. G.H Universal Hotel terletak di jantung kota Bandung, dimana hotel ini dapat di tempuh hanya beberapa menit perjalanan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung. Lokasinya juga berdekatan dengan beberapa objek wisata di Bandung. Lokasi yang strategis ini bisa juga dipastikan salah satu faktor hotel ini banyak di datangi tamu-tamu.
4. PROMOTION
Untuk menarik minat tamu agar mau menginap di hotel, G.H Universal menyiapkan suatu promosi yang komposisi iklan dan sales promotion yang baik. Contohnya, Hotel ini menyiapkan beberapa package yang menarik dan menguntungkan bagi tamu maupun bagi pihak pengelola sebagai perusahaan, seperti package pra wedding, wedding, candle light dinner. Kemudian G.H Universal juga bekerja sama dengan online travel seperti agoda,booking.com, asiarooms.com, tiket.com, goindonesia.com. Buat yang hobby traveling pasti tidak asing lagi mendengarnya. Promosi yang baik tentu akan menarik minat pengunjung yang akan menginap di hotel ini.
5. PEOPLE
Dari segi people ini bisa dilihat dan dinilai dari karyawan G.H Universal Hotel sendiri, ini juga sangat berpengaruh bagi perkembangan bisnis hotel. Kebetulan saya pernah menginap di hotel ini, penilaian saya terhadap para karyawan di hotel ini sangat bagus dan tidak bermasalah, mereka berusaha menciptakan layanan sempurna bagi para pengunjung. Tampilannya pun sangat rapih, ramah, dan benar-benar meyakinkan bahwa hotel ini memiliki nilai kepuasan tinggi terhadap para pengunjung.
6. PROCESS
Disebuah
hotel, Proses-proses untuk memberikan jasa
kepada tamu harus dilakukan secara efektif dan efisien namun tidak
menghilangkan sisi "menyentuh" untuk tamu itu sendiri. Sebagai contoh di G.H Universal, di mulai dari
saat check-in di reception, sang receptionist bisa
melakukan proses check-in seefektif dan seefisien mungkin hingga tamu diantarkan ke kamar.
G.H Universal menyediakan layanan room booking langsung ke hotel itu
sendiri maupun layanan jasa agent online travel yang sebelumnya sudah dibahas
pada point promotion. Ini sangat lebih efien karena pengunjung tidak perlu
kecewa jika tidak mendapatkan sewa kamar di hotel ini ketika pengunjung sedang
berlibur, jadi pengunjung bisa langsung datang menikmati keindahan dan
kenyamanan G.H Universal Hotel.
7. PHYSICAL EVIDENCE
Fasilitas-fasilitas yang ada di hotel seperti kamar tamu, restaurant, gym center dan lain sebagainya adalah fisik yang dijual kepada tamu. Untuk mendapatkan pencitraan yang bagus, sebuah hotel harus bisa menyediakan bukti fisik yang bisa menarik perhatian dan minat tamu. G.H Universal Hotel dari segi Physical Evidence tidak perlu di ragukan lagi. Hotel ini termasuk hotel bintang 5 di kota Bandung, sudah pasti hotel ini hotel mewah dan megah. Ini tentu benar, secara standar fisik hotel tidak ada sama sekali terlihat kotor dan berantakan, semua tertata rapi mulai dari desain bangunan, kamar, kamar mandi, halaman, dan fasilitas-fasilitas lain. Hotel yang di desain dengan gaya Eropa klasik yang mewah ini dihiasi dengan lukisan dan patung-patung cantik bergaya Italia, membuat hotel ini berbeda dengan hotel-hotel lain di Bandung. Repetisi pada desain pintu dan jendela-jendela membuat arsitektur hotel ini menarik untuk dinikmati. Warna catnya yang abu-abu mengesankan seperti belum dicat, namun akan segera membuat tamu kagum begitu melihatnya dari dekat.
Sumber: http://ghuniversal.com/
Keren....
ReplyDeleteSaya pernah menginap di hotel ini, almost perfect! gak bakalan pernah saya lupakan pengalaman terbaik yang pernah saya alami di hotel ini bersama pasangan saya :)
bagus ulasanya gan keren gh universal
ReplyDelete