Welcome My Blog
Home About me Photo of Me My Campus Friendship Love Story Career Tugas Kampus

WIRAUSAHA BISNIS ONLINE


Banyak orang yang berpikiran bahwa bisnis online adalah bisnis yang tidak jelas, mengapa? Karena sebagian orang berpikir bahwa wirausaha haruslah membuka toko, membuka franchise kuliner dan sebagainya.
Dizaman sekarang ini, bisnis online sedang banyak menjamur di Indonesia, mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, guru, dll.

Mengapa banyak di minati?
Karena wirausaha bisnis online bisa sebagai bisnis utama maupun bisnis sampingan . Bisnis online memiliki pasar global, karena seluruh orang di dunia terhubung dengan internet yang menyimpan segudang peluang bisnis yang terus berkembang. Selain itu bisnis online dapat dikerjakan dimanapun, kapanpun dan oleh siapapun, serta hanya membutuhkan modal kecil bahkan tidak membutuhkan sama sekali, asal memiliki koneksi internet

Bagaimana proses usahanya?
Banyak orang yang menggunakan sistem PO (Purchase Order), atau dengan sistem reseller, baik itu barang import maupun barang dalam negeri sendiri.
Untuk contoh dengan menggunakan sistem PO, costumer memesan barang, kita belanja barang tersebut dengan borongan/jumlah banyak, lalu mengirimkan ke masing-masing costumer.
Untuk contoh dengan sistem reseller, sebelumnya pasti banyak yg bertanya-tanya apa sih itu sistem reseller? Reseller itu berarti menjadi agen dari supplier . Sistem ini jauh lebih efektif dan efisien, karena kita bisa hanya mengambil sample/contoh barang dari supplier, dan barang yg di beli oleh costumer dapat langsung dikirimkan kepada costumer dari supplier tanpa kita harus keluar ke tempat jasa pengiriman.  Jauh lebih efektif bukan? Sistem pengiriman tersebut dalam online shop disebut dropship. Dalam sistem resseler ini carilah supplier yang sangat murah agar bisa mengambil keuntungan yang tidak begitu kecil.

Bagaimana dengan keuntungan?
Disini saya ambil contoh untuk bisnis online fashion atau baju.
Untuk dalam jumlah  kecil/sampingan hitung saja bisa kita ambil untung                Rp. 10.000/pcs, misalkan 10 pcs perhari, untung dalam sehari 10 x 10.000 = 100.000, dalam sebulan 30 hari x 100.000 = 3.000.000
Itu bukankan cukup lumayan buat pemasukan sampingan?

Bisnis online jika di lakukan dengan tahapan yang benar InsyaAllah bisa sukses. Dan yang paling penting utamakan kejujuran, karena kepercayaan costumer kepada kita itu adalah kunci utama dalam menjalankan bisnis online.

No comments:

Post a Comment